Monday, October 3, 2011

Laporan Running LED Circuit

Bismillah,,

Berbicara tentang judul postingan as-satrah kali ini, tentunya berkaitan erat dengan elektonika gitu deh,, hufft... As-satrah ingat sekali dengan tugas yang satu ini,, sementara mahasiswa yang lain sudah sibuk dengan pulang kampungnya (walaupun as-satrah gak pulang kampung), sekitar bulan juli, kami sekelompok pada praktikum elektronika di kelas ICP of Physics mesti menyetor suatu alat elektronika yang kami rangkai sendiri. Setelah lama berfikir kami akhirnya memilih rangkaian Running LED atau LED berjalan sebagai project task kami. Lumayan ekstra kerja sih, tapi alhamdulillah hasilnya cukup memuaskanlah.
Ini ada beberapa gambar hasil rangkaian kami :


sebelum diberi badan kotak


setelah diberi badan kotak (fiber hitam)
Rangkaian Running Led adalah animasi lampu yang bergerak dari satu led ke led yang lainnya, dan running led ini juga bisa dibuat sesuai dengan keinginan kita contohnya papan nama kita yang dibuat dari beberapa led, sehingga dapat memberikan kesan yang indah. Rangkaian ini terdiri dari Pewaktu/clock (menggunakan IC 555) dan Pencacah/counter (menggunakan IC 4017). Dengan menggunakan beberapa Led yang berfungsi sebagai output. Pada bagian output inilah akan mengeluarkan cahaya dan dapat berjalan dari Led pertama hingga Led terakhir dan kembali lagi ke semula begitu seterusnya, hingga waktu yang kita inginkan. Aplikasi rangkaian ini membutuhkan suatu sumber arus listrik searah (DC) agar dapat bekerja dan cara penggunaannya hanya membutuhkan 1 buah baterai 9 Volt.

Berhubung project ini mesti membuat sebuah laporan, sekalian saja as-satrah persembahkan laporan ini buat sahabat as-satrah diluar sana yang mungkin memiliki tugas yang sama dan bisa menjadikan laporan ini sebagai bahan pertimbangan referensi. Klik saja Laporan Running LED Circuit. Selamat bekerja!

6 comments:

Tinggalkan Komentar dan Pesanmu disini...!!!
Siapapun boleh berkomentar asalkan beradab yach!!!
Komentarnya sebagai pengguna account google, jika tidak punya account google gunakan saja profile name/url,,
Syukran^^

Daftar Blog Akhwaat