Thursday, June 16, 2011

Makalah Penyolderan dan Transistor (Praktikum Elektronika)

Bismillah,,

Berhubung kami (ICP of Physics'09 di orange campus) akan mengikuti final mata kuliah electronica practicum jum'at siang besok (17/06/11), maka as-satrah mau nge-posting makalah yang berisi tentang dasar-dasar menyolder, transistor dan IC ini, sebenarnya makalah ini sudah lama dibuat namun baru as-satrah sempat nge-publishnya. eh, iyah di makalah ini ada satu judul colongan yang ngikut (cara membuat wifi dengan wajan), soalnya dosen penanggungjawabnya menyuruh kami untuk mencari tahu bagaimana proses pembuatannya,, mmmm,,, entah apa hubungannya???

CARA MENYOLDER YANG BAIK

Sebelum membahas tentang cara menyolder yang baik sebaiknya kita membahas terlebih dahulu tentang apa itu solder dan menyolder.

Pengertian Solder
Solder adalah alat yang digunakan untuk mematri atau menyolder sambungan kawat atau komponen dengan menggunakan kawat timah. Pada umumnya, untuk rangkaian elektronika digunakan solder dengan daya (kekuatan) sebesar 25 watt s/d 40 watt. Setiap solder sebaiknya memakai tempat selama solder dipakai, karena panas, sehingga tidak disimpan dimana saja. Bila solder telah dipakai atau tidak terpakai lagi, sebaiknya diputuskan dari aliran listrik. (Drs. Ahmad Rahman, 1995)
Solder adalah alat elektronika yang berfungsi sebagai penghisap timah pada PCB dengan jalan bersamaan/dipanasi dengan solder listrik yang bertujuan hendak melepas kaki komponen yang terlanjur disolder. Ada pula yang berpendapat bahwa solder adalah alat pemanas untuk melelehkan patri sehingga menempel pada kaki-kaki transistor atau komponen elektronika lainnya, sehingga kaki-kaki tersebut bersatu dengan jalur pada pcb (printed circuit board).
Solder yang digunakan adalah solder listrik ukuran 30 watt atau 40 watt.ukuran solder yang terlalu besar wattnya, akan merusak komponen pada saat disolder, karena terlalu panas.
 
gambar solder listrik

Mata solder dapat dipasang dan dilepas serta dapat digantikan menurut kebutuhan kualitas yang diinginkan. Mata solder harus selalu di jaga kebersihannya dan usahakan selalu dalam keadaan runcing. Untuk mencegah keamanan dalam pemakaian solder, maka perlu di lengkapi lsannya (penyangga solder). Mata solder harus selalu dijaga kebersihannya dan usahakan selalu dalam keadaan runcing. Untuk menjaga keamanan dalam pemakaian solder, maka perlu di lengkapi lsannya (penyangga solder).

Pengertian Menyolder
Soldering (proses menyolder) didefinisikan dengan “menggabungkan beberapa logam (metal) secara difusi yang salah satunya mempunyai titik cair yang relatif berbeda”. Dengan kata lain, kita bisa menggabungkan dua atau lebih benda kerja (metal) dimana salah satunya mempunyai titik cair relatif lebih rendah, sehingga metal yang memiliki titik cair paling rendah akan lebih dulu mencair. Ketika proses penyolderan (pemanasan) di hentikan, maka logam yang mencair tesebut akan kembali membeku dan menggabungkan secara bersama-sama metal yang lain. Proses menyolder biasanya diaplikasikan pada peralatan elektronik untuk menempelkan/menggabungkan komponen elektronika pada papan circuit (PCB).

Emmm,,, daripada as-satrah copy semua dipostingan ini baiknya download saja disini, ok!
Semoga bermanfaat,,,:-)

1 comment:

Tinggalkan Komentar dan Pesanmu disini...!!!
Siapapun boleh berkomentar asalkan beradab yach!!!
Komentarnya sebagai pengguna account google, jika tidak punya account google gunakan saja profile name/url,,
Syukran^^

Daftar Blog Akhwaat