Thursday, January 13, 2011

Perkembangan Afektif Remaja

Bismillah,,
Entri ini as-satrah tujukan bagi teman-teman yang membutuhkan referensi dalam membuat makalah pendidikan. Makalah ini kami buat ketika mengambil mata kuliah umum Perkembangan Peserta Didik (Student Development) di FMIPA UNM di semester II tahun ajaran 2010/2011.

PERKEMBANGAN AFEKTIF REMAJA
Benjamin S. Bloom pada tahun 1956, menyimpulkan tentang tujuan pendidikan yang dibagi dalam tiga domain, yakni:
1.)    Cognitive Domain (Ranah Kognitif)
Berkaitan dengan perilaku-perilaku yang menekankan intelektual seperti pengetahuan, pengertian dan keterampilan berfikir.
2.)    Affective Domain (Ranah Efektif)
Berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek perasaan dan emosi seperti minat, sikap, apresiasi dan cara penyesuaian diri. Kelakuan seseorang yang baik atau buruk.
3.)    Physichomotor Domain (Ranah Psikomotor)
Berisi perilaku-perilaku yang menekankan aspek keterampilan motorik, seperti tulisan tangan, mengetik, berenang dan mengoperasikan mesin.
    Sedangkan, menurut Tokoh Pendidikan yang sangat bersejarah di Indonesia yakni Ki Hajar Dewantara, tujuan pendidikan Beliau sebut dengan Cipta, Rasa, dan Karsa  atau biasa juga disebut penalaran, penghayatan, dan pengamatan.
Jenis-jenis perubahan ada 4 yakni perubahan dalam ukuran, dalam perbandingan, dalam bentuk hilang dan perubahan dalam hal yang baru. Perubahan dalam hal yang baru mencakup bagaimana seorang manusia dalam pencarian jati diri. Dalam perubahan ini terjadi pada masa remaja seseorang. Dan tiga ranah atau domain dari tujuan pendidikan diatas jika dihubungkan dalam perkembangan seorang manusia apalagi pada masa remaja dalam mencari jati diri sangatlah penting untuk diketahui.

Klik Link dibawah ini jika ingin mengambil file dokumen yang lengkapnya, semoga bermanfaat!!!

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar dan Pesanmu disini...!!!
Siapapun boleh berkomentar asalkan beradab yach!!!
Komentarnya sebagai pengguna account google, jika tidak punya account google gunakan saja profile name/url,,
Syukran^^

Daftar Blog Akhwaat